Kamis, 25 November 2010

Seni dalam Kimia; Kimia dalam Seni (3)

Seniman dan Kimiawan; Teman atau Musuh?

Apakah seniman memerlukan seorang ahli kimia? Apakah ahli kimia membutuhkan seniman? Apakah mereka memiliki kesamaan? Keduanya, seniman dan kimiawan melakukan pengamatan yang cermat. Seorang ahli kimia membentuk hipotesis; tes hipotesis menggunakan kontrol dan subjek uji, berhati-hati untuk hanya memiliki satu variabel, dan menarik kesimpulan berdasarkan data hasil tes. Kemudian membuat interpretasi yang dapat menyebabkan hipotesis baru dan eksperimen terkontrol baru. Seniman membuat interpretasi juga, tetapi hal ini biasanya datang langsung dari pengamatan. Seniman dapat mencoba membuat banyak interpretasi pengamatan sampai karya memuaskan dibuat. Kimia membutuhkan kreativitas seniman ketika membuat interpretasi dari data percobaan. Seniman membutuhkan kimia untuk menguji dan merumuskan bahan-bahan baru yang berguna. Karya seniman dan kimiawan saling bergantung stau sama lain. Mereka saling membutuhkan.

Mengapa Langit Biru?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, “Mengapa langit biru”? Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan sesulit ini. Untuk memahami mengapa langit berwarna biru, diperlukan pemahaman tentang sifat materi dan radiasi elektromagnetik serta melihat hubungan antara radiasi elektromagnetik dan warna. Kami melihat seni dan kimia sebagai media pencerahan.

Apakah radiasi elektromagnetik itu?

  • Sebagian besarnya tak terlihat. Kita hanya melihat dalam jumlah kecil, yang disebut cahaya tampak.
  • Merambat melalui ruang gelombang pada kecepatan 2,998 x 108 m/s, ditetapkan sebagai “kecepatan cahaya”.

Dalam studi kimia, sifat dan komposisi bahan dipelajari bersama dengan sifat radiasi elektromagnetik dan bagaimana efeknya. Radiasi elektromagnetik adalah energi radiasi gelombang yang menunjukkan sifat dan berjalan pada kecepatan cahaya (ketika dalam ruang hampa).

Apa yang menjadi bagian sebuah atom?

  • Tiga komponen utama atom adalah proton, neutron, dan elektron. Bagan berikut menyajikan sifat fisik partikel-partikel subatom:
Partikel Massa/gram Muatan
Elektron

Neutron

Proton

9.109389 x 10-28

1.674929 x 10-24

1.672623 x 10-24

-1

0

+1

  • Proton dan neutron ditemukan dalam inti atom. Elektron ditemukan pada ruang di luar inti atom.
  • Atom sangat kecil. Jari-jari tipikal atom adalah sekitar 6 x 10-8 cm.
  • Jika menghitung berapa mililiter air yang ditemukan di Samudra Atlantik, kita akan menemukan tiga kali jumlah atom dalam satu ml air.
  • Inti atom, yang berisi proton dan neutron sangat padat. Sepotong inti atom seukuran pensil penghapus akan memiliki massa 250 juta ton!

Pertanyaan penting:

Bagaimana mengetahui begitu banyak tentang obyek, tetapi kita tidak bisa melihatnya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar